Konfigurasi Pengkabelan Pada Jaringan Komputer

KONFIGURASI PENGKABELAN

PADA JARINGAN KOMPUTER



Salah satu jenis kabel yang digunakan untuk pengkabelan adalah kabel twisted pair. kabel twisted pair ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu Shielded Twiste Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. untuk konekksinya, kebel jenis ini menggunakan RJ-11 atau RJ-45. pada twisted pair (10 base T) network, komputer di susun membentuk suatu pola star. setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB/SWITCH . Twisted Pair umumnya lebih handal (realible) dibandingkan dengan thin coax kerena HUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi.

Saat ini ada beberapa grade, atau kategori dari kabel Twisted Pair.

Kategori Kabel Twisted Pair

  1. Kategori 1 (Cat 1)  : adalah kebel UTP dengan kualitas transmisi terendah, yang didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
  2. Kategori 2 (Cat 2)  : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik di bandingkan dengan kategori 1 (Cat 1), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital.
  3. Kategori 3 (Cat 3)  : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik di bandingkan dengan kategori 2 (Cat 2), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  4. Kategori 4 (Cat 4)  : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik di bandingkan dengan kategori 3 (Cat 3), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 16 megabit per detik.
  5. Kategori 5 (Cat 5)  : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik di bandingkan dengan kategori 4 (Cat 4), yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara hingga pada kecepatan 100 megabit per detik.
Kategori 5 adalah yang paling realible dan memiliki kompabilitas yang tinggi dan yang paling disarankan. berjalan baik pada 10 Mbps dan FastEthernet (100 Mbps). kabel kategori 5 dapat dibuat Straight-Through atau Crossed. kabel Straight-Through digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB. kabel Crossed digunakan untuk menghubungkan HUB ke HUB, tetapi sekarang  HUB/SWITCH sudah menggunakan teknologi yang canggih sehingga kabel tidak perlu di Crossed . panjang maksimum kabel Twisted Pair adalah 100m.

Peralatan Untuk Pengkabelan

1. Kabel UTP
sumber wikipedia
2. Tang Krimping
sumber wikipedia

3. Konector RJ-45
sumber wikipedia

4. LAN Tester
sumber Wikipedia

Konfigurasi Kabel Berdasarkan EIA/TIA

pemasangan kabel UTP mengikuti standar internasional, yaitu: Arutan EIA/TIA 568A dan 568B seperti gambar berikut:

1. Konfigurasi T-568A

keterangan:
1. putih-hijau
2. hijau
3. putih-orange
4. biru
5. putih-biru
6. orange
7. putih-coklat
8. coklat

2. Konfigurasi T-568B

keterangan:
1. putih-orange
2. orange
3. putih-hijau
4. biru
5. putih-biru
6. hijau
7. putih-coklat
8. coklat



Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »