Pengertian Cisco Packet Tracer


PENGERTIAN

CISCO PACKET TRACER


Cisco Packet Tracer adalah tools e-learning yang dibuat oleh Cisco yang akan mensimulasi cara kerja suatu jaringan berdasarkan topologi dan konfigurasi yang diberlakukan oleh penggunanya persis seperti aslinya. Versi perangkat lunak Cisco Packet Tracer yang digunakan penulis saat membuat tulisan ini adalah versi 5.3

Menggunakan Packet Tracer

1. Buka Program Packet Tracer

Tampilan Cisco packet Tracer

2. Gambar di atas merupakan tampilan workspace pada packet tracer
3. Isi dari davice/peralatan jaringan

    a. Router
Fungsi dari router adalah menghubungkan sebuah network yang berbeda atau IP class yang berbeda. Sub device router atara lain: Router 1841, Router 2620XM, Router 2621XM, Router 2821, Router Generic-PT, dan Router Generic-PT-Empty.

    b. Switch dan Hub
Switch akan dipakai untuk mengubungkan banyak komouter yang mempunyai port-port penyambung. Ada Switch 1950-24 (yang sering digunakan), 2950T, 2960, dll.

   c. Connection
  • Straight akan digunakan untuk menghubungkan device-device yang berbeda, misal: PC-Hub, PC Switch, Router-Hub, Router Switch. 
  • Cross digunakan untuk menghubungkan device-device yang sama, misal: Komputer-komputer, Switch-Switch, Switch-hub, Router-router, Router-pc. 
  • Untuk router PC juga bisa digunakan kabel RollOver. 
  • Jika kesiulitan menentukan harus menggunakan kabel Straigth atau cross over, maka gunakan lah bantuan kabel automatically choose connection type, kabel ini akan mengotomatiskan penggunaan kabel yang benar yang sesuai dengan kebutuhan. 

  d. End Device
Peralatan yang digunakan untuk menyambungkan sebuahg jaringan adalah komputer. Peralatan yang sering digunakan adalah: komputer, laptop, Dan server.

e. Wireless Device, WAN Emulation, Custome Made Devices dan Multiuser Connection.



Cara Menggunakan Cisco Packet Tracer








Share this

Related Posts

First